Aksi Penanaman Pohon & Program Perekonomian Rakyat

Acara “One Movement to One Destination for One Earth” pada hari sabtu tanggal 21 Mei 2011 berjalan dengan lancar, dimana para undangan yang hadir Bpk. H.R. Agung Laksono Menko Kesra RI, Bpk.Drs. Toto Utomo Sekjend Kemensos RI, Bpk. Prof Ahmad Mubarok, Bpk. Ir. Oesman Sapta (Ketua HKTI Pusat), Bpk. Andri Yansyah Camat Cipayung, Bpk. Kadarusman Sutama Lurah Setu, Afrida Sutama Ketua TP-PKK Kelurahan Setu, para Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah SMAN 67, Sispala 67 sebagai panitia acara, Kelompok Tani Organik Terpadu “Setu Hijau Mandiri” dan Bpk. Maah Setiawan Ketua Rw.03 sebagai tuan rumah. Dan masih banyak lagi yang hadir pada kesempatan ini, bapak / ibu pejabat pejabat dilingkungan Pemda DKI, TNI, POLRI, para guru SMAN 67 beserta Komite Sekolah.

Pada kesempatan ini Bpk. Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI memberi sambutan, dimana dikatakan acara ini merupakan salah satu kegiatan yang mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Menanam 1 Milyar Pohon yang pencanangan sudah dilakukan pemerintah sejak bulan Februari 2010 hingga saat ini. Hingga saat ini, Alhamdulillah sudah ditanam sekitar 1,3 milyar batang pohon di seluruh Indonesia. Pak Menteri berpendapat bahwa penanaman 10.000 Pohon yang diberi nama “One Movement to One Destination for One Earth” adalah keputusan yang tepat. Dan beliau berharap bahwa dengan gerakan penanaman 10.000 pohon ini akan dapat memberikan inspirasi dan lebih memotovasi kita untuk melakukan upaya yang lebih besar dan berkelanjutan untuk penanaman pohon dan pemeliharaanya. Pak Menteri berharap bahwa semangat siswa-siswi pecinta alam dan kesadaran akan pentingnya menanam pohon harus terus ditingkatkan. Semangat tersebut harus didukung dengan kemampuan penyediaan bibit yang cukup baik kuantitas maupun kualitasnya, akses mudah dan harga terjangkau.
”Mendengar laporan dari pak ketua RW tadi (yang intinya minta bantuan—Red), saya bisik-bisik dengan pak Toto, dan sepakat untuk memberi sumbangan sebesar Rp 60 juta,” ujarnya yang disambut meriah, bahkan ada sejumlah siswa yang berlonjak-lonjak senang.
Kegiatan tanam pohon 10 batang ini didukung oleh Kelompok Tani Cipayung, dan Tim Penggerak PKK setempat. PKK Setu menjadi juara III tingkat nasional, sementara kelulusan SMAN 67 untuk matapelajaran IPA menjadi peringkat III dari sekitar 195 SMA negeri di DKI Jakarta.
Pada kesempatan terakhir pak menteri menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Siswa Pecinta Alam (sispala) SMAN 67, Mapala, serta Kelompok Tani Organik Terpada “Setu Hijau Mandiri” dalam mendukung program pemerintah melalui kegiatan ini.
Setelah memberikan sambutan, selanjutan bapak menteri menyaksikan dan menandatangi dalam penandatangan “Surat Kesepakatan” antara Pihak Panitia Sispala 67 oleh Liandra Khansa Utami Putri sebagai Ketua Panitia, Pihak Kelompok Tani Organik Setu Hijau Mandiri oleh Bapak Ma’ah Setiawan sebagai Ketua Kelompok Tani, dan kesepakatan dengan pihak swasta sebagai konsultan kelompok tani yaitu PT Khansa Citra Buana oleh Bapak Drs. H. Hendrawan Amirullah, MM sebagai Direktur Utama.
Surat Kesepakatan dibuat dikarenakan ada kerjasama dalam Program Penanaman Pohon ini dengan menggabungkan Program Ekonomi Rakyat yang bermitra dengan Kelompok Tani Organik ‘SETU HIJAU MANDIRI’ serta Konsultan kelompok tani yang akan membina, mendampingi, dan memberi diklat pertanian organik Melalui Wadah FARM CENTER.
Dimana isi kesepakatan adalah sebagai berikut:
Pihak Pertama (Sispala 67); Menanam 10.000 pohon secara bertahap dan siap mengikuti diklat pertanian organik sebagai generasi penerus pertanian organik mandiri dimasa depan.
Pihak Kedua (Kelompok Tani Organik “Setu Hijau Mandiri”); Memelihara, dan mengembangkan tanaman tersebut serta siap menjalan program farm center pertanian organik terpadu mandiri.
Dan Pihak Ketiga (PT Khansa Citra Buana) ; Siap sebagai konsultan program farm center dalam pembinaan,pendampingan dan penerapan teknis pertanian organik terpadu mandiri.
Acara selanjutnya menanam pohon secara simbolis oleh bapak menteri dan sekjend kemensos yang disaksikan oleh para undangan yang kemudian dilajutkan penanamannya oleh Sispala 67 dan diperbantukan oleh kelompok tani Setu Hijau Mandiri.
Acara tidak kalah menariknya di meriahkan oleh dengan hibura dari group band siswa SMAN 67 dan dari ‘Yudies Interteiment’ dengan organ tunggalnya.
marco

-marco-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s