Road Show “Pemberdayaan Keluarga” TP PKK Provinsi DKI Jakarta di Lingkungan RW.03 Kel. Setu Jakarta Timur

Road Show yang di laksanakan di 44 Kecamatan se-Provinsi DKI Jakarta, kali ini di Lingkungan RW.03 Keluarah Setu Kecamatan Cipayung Jakarta Timur pada tanggal 27 April 2011  di kediaman Bapak H. Mamat S. Nain, merupakan route terakhir dan  biasanya kalau terakhir berlangsung meriah kata Hj. Tatiek Fauzi Bowo (Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta). Dimana kemeriahan yang ada dikarenakan antusias masyarakat yang melihat dan acara yang ada, serta kesiapannya. Ini merupakan hasil kerja keras dari pihak RW.03 sampai dengan kecamatan yang dipimpin oleh camat sendiri.

Dimana acara juga dihadiri oleh Haryono Suyono (website pribadi  / fb ), Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto,  Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Timur Ny. Hj. Eka  Murdhani, Camat Cipayung Andri Yansyah, Lurah Setu Kadarusman Sutama dan ratusan kader PKK yang hadir.

Untuk mensukseskan penyelengaraan Road Show tersebut, beliau mengajak kepada seluruh Elemen masyarakat beserta dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk secara bersama-sama dan terpadu menyelenggarakan pemberdayaan keluarga dan masyarakat di RW-RW Binaan. Untuk menyelenggarakan kegiatan ini diperlukan Tim Terpadu dalam wadah Tim Adhoc Pemberdayaan Keluarga Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta.

Dimana KEGIATAN TEKNIS Road Show Pemberdayaan Keluarga dibagi dua kegiatan, yang Pertama:

  • Upaya perbaikan nutrisi (perbaikan gizi) masyarakat serta promosi ASI Eksklusif dan segera (Inisiasi Menyusu Dini).
  • Perbaikan sanitasi atau kebersihan dalam rumah tangga, sehingga terbentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat.
  • Pemilahan, pengolahan dan pengelolaan sampah rumah tangga dan lingkungan.

Kedua:

  • Upaya penataan lingkungan yang lebih teratur, hijau, asri, nyaman dan produktif dan Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP).
  • Mengintensifkan pembuatan dan pemanfaatan LRB yang tepat solusi dan lokasi.
  • Pemberdayaan ekonomi mikro bagi masyarakat kurang mampu.
  • Pengembangan model dan implementasi Posyandu Mandiri Plus (Integrasinya : Posyandu, PIK Keluarga, BKB PAUD, HATINYA PKK dan UP2K).

Harapan dari Ketua TP PKK DKI Jakarta dimana hasil dari Road Show Pemberdayaan Keluarga ini adalah meningkatnya kepedulian dan peran serta dari semua elemen masyarakat dan pemangku kepentingan serta cepat dan mudahnya memperoleh informasi dan pelayanan kemasya-rakatan

Namun untuk lebih mengoptimalkan gerakan yang muncul di masyarakat maka tindak lanjut dari pelaksanaan Road show perlu disikapi dengan pelaksanaan dengan membentuk FKPK “FORUM KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN KELUARGA DITINGKAT RW”

Kepersertaan FKPK terdiri dari :
1. Pengurus RW
2. Pengurus Tim PKK RW
3. Pembantu Pembina Keluarga Berencana (PPKB) RW
4. Tokoh Agama
5. Tokoh Masyarakat
6. Donatur
7. Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM)
8. Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)
9. Karang Taruna Unit (KTU)
10. Dan Unsur-unsur lain yang ada dilingkungan RW

Dimana forum tersebut yang akan: “menggerakkan Potensi masyarakat setempat untuk mempercepat penyelesaian berbagai persoalan kemasyarakatan yang ada diwilayah tersebut”

Kedatangan di lokasi acara pertama kali disambut meriah dengan memberikan kalung bunga  dan karangan bunga kepada Hj. Tatiek Fauzi Bowo   dari siswa Paud Melati Putih dan  dimeriah oleh sambutan Marching Band Komino.

kemudian di lanjutkan ROUTE  pertama kunjungan Ketua TP PKK DKI Jakata Hj. Tatiek Fauzi Bowo di Lokasi Acara di  pandu langsung  oleh ketua RW.03 Bapak Maah Setiawan dan di iringi oleh kader-kader tim PKK yang pertama  diawali di Gebyar Posyandu dengan sajian informasi dan fasilitas pelayanan kesehatan dari Posyandu RW.03.

(klik gambar untuk perbesar)

       

Route kedua meninjau mobil fasilitas KB dari BKKBN, yang di pandu langsung oleh Bpk. Haryono Suyono.

(klik gambar untuk perbesar)

 

Route ketiga kemudian menuju ke Lokasi K3PK PKK “Melati/ Kelompok Tani Dasawisma 1-9, yaitu dengan Panen sayur mayur dan palawija yang dikelola langsung oleh ibu-ibu kader PKK.

Route Keempat yaitu “Lokasi Pemilihan Sampah”  Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan kata Hj. Tatiek Fauzi Bowo, terbukti mereka mengolah sampah menjadi kompos, menggalakkan program penghijauan dan memanfaatkan lahan kosong untuk kebon dan ternak ikan. Menurutnya, selama pelaksanaan roadshow ini diyakini telah memberikan manfaat yang besar bagi warga.

Route Kelima meninjau Pojok ASI Melati

Saat meninjau Pojok Asi Melati Tatiek berdialog dengan para ibu-ibu muda. Bahkan dengan rasa keibuan, Tatiek sempat menggendong salah seorang balita mungil yang  sehat.  Tatiek menanyakan beberapa hal seperti menjaga kandungan, merawat bayi, dan asupan bayi. Ternyata para anggota ibu-ubu dan kader PKK di RW.03 Setu sudah memahami bagaimana cara meberikan air susu ibu (ASI) secara ekslusif kepada bayi hingga usia dua tahun. Sebab  ASI adalah asupan terbaik bagi bayi. Apalagi Tatiek juga mengingatkan jika saat ini di tempat kerja pun ibu bisa menyusui karena  di beberapa  kantor atau perusahaan sudah tersedia tempat khusus untuk menyusui anak. “Jadi tidak ada alasan tidak menyusui karena  di tempat kerja pun ibu bisa menyusui.  Sehingga  program ibu mnyusui seacara ekslusif akan terus kita galakkan. Tujuannya agar bayi tetap sehat,” ujar Tatiek.

Route Keenam meninjau kegiatan PAUD dan BKB-PAUD yang dimiliki RW.03 yang diberi nama “PAUD MELATI PUTIH” dimana murid saat ini berjumlah 50 siswa dan dengan tenaga pengajar 5 orang, dimana tenaga pengajar dan pengurus dari ibu kader PKK.

Route Ketujuh menuju ke Bazar Display Sektoral namun sebelumnya disambut meriah lagi  kali ini dengan aksi lansia yaitu “Angklung Lansia”

Bazar Display Sektoral

(klik gambar untuk perbesar)

 

 

ibu Tatiek dilanjutkan ke Aula Tempat Pelayanan Kesehatan,Posyandu Lansia Melati, dll.

(klik gambar untuk perbesar)

       

lalu menuju Panggung  Utama bersama rombongan dari TP PKK DKI Jakarta. Yang di dampingi juga oleh Wakil Walikota Jakarta Timur, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Dinas – dinas DKI, dan di hadiri Haryono Usman sebagai sesepuh BKKBN.

Warga RW.03 Kelurahan Setu, Kec. Cipayung, Jakarta Timur mendapat bantuan satu unit mobil ambulan dari PT. Indah Cargo secara simbolis diserahkan ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Hj. Tatiek Fauzi Bowo kepada Ketua RW 03 Kelurahan Setu Maah Setiawan, yang merupakan rangkain  dari kegiatan roadshow TP PKK yang dilakukan jajaran TP PKK DKI Jakarta.

Tatiek Fauzi Bowo menyambut baik pemberian ambulan tersebut beliau mengharapkan akan semakin banyak lagi perusahaan-perusahaan atau pihak swasta lain yang peduli dan mau membantu warga ibukota dalam bentuk apapun. Terkait hal tersebut, Camat Cipayung, Andri Yansyah, mengaku gembira masih banyak perusahaan yang peduli terhadap warganya. Ia berharap ke depan jumlah perusahaan swasta yang memberikan bantuan sosial pada warganya lebih banyak lagi.

Ma’ah Setiawan selaku ketua RW mengaku bersyukur atas kepedulian perusahaan itu, yang memberikan satu unit mobil ambulan dan berharap bantuan ini akan bermanfaat banyak bagi warga. Mobil ini bisa multifungsi, maksudnya kata pak RW selain bisa mengantar orang sakit darurat, juga dapat digunakan membawa jenazah. Karena untuk kepentingan umum jadi siapa saja yang membutuhkan silahkan dipergunakan dan tolong kendaraan ini dirawat bersama-sama.

Tatiek Fauzi Bowo “bersyukur dan Alhamdulillah di putaran terakhir roadshow PKK ini warga sangat antusias penyambutannya, terutama dalam program pelayanan masyarakat. Saya juga melihat tingkat kepedulian warga RW 03 Setu ini sangat tinggi terhadap lingkungannya”.

(klik gambar untuk perbesar)

     

Selain gebyar Posyandu, pelayanan kesehatan, posyandu lansia, PAUD Melati Putih, panen sayuran, panen ikan patin dan sebagainya, ada juga pemberian bantuan pada warga, seperti akte kelahiran, alat permainan edukatif (APE), tongkat bagi penyandang cacat, kursi roda, peralatan olahraga dan bibit ikan konsumsi,” ujarnya.

Ike Nurjanah

goyanggggg pak luraaaah.....muantab

Acara Road Show tak kalah hebatnya di jamukan dengan hiburan dengan artis nasional yang kebetulan berdomisili di rw.03 setu yaitu artis Ike Nurjannah yang diiringi musik oleh Yudies Intertainment pimpinan dari H. Mamat S Nain.

-marco-

ALBUM FOTO ROAD SHOW

Ketua RW.03 (Maah Setiawan), Wakil Walikota Jakarta Timur (Drs. H.R. Krisdianto), dan Camat Cipayung (Andri Yansah)

Camat Cipayung Bpk.Drs. Andri Yansyah, MH

Ketua RW.03 Kelurahan Setu Bpk. Maah Setiawan

Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Hj. Tatiek Fauzi Bowo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s