Perayaan HUT RI ke-64

LOGO KOP hut ri 64

Hari itu, selalu ditunggu. Ada kesyakralan dan ritual. Ada rejeki yang mengalir dengan kedatangannya. Apalagi kalau bukan dari bisnis bendera. Umbul-umbul, dan lainnya. Sepanjang jalan raya meriah oleh warna sang bendera.

Tak itu saja. Setiap warga memancang bendera bagi rumah. Gang, jalan, perumahan dan perkampungan, semarak seketika. Semua berhias dan memeriahkan lingkungan. Demi penyambutannya.

Ketika hari itu tiba, semua menggelar perayaan. Ada lomba, olah raga, dan permainan rakyat. Ada panjat pinang, tarik tambang, balap karung, lomba sampan, makan kerupuk, dan lainnya. Semua menyatu dan merayakan. Tak ada batas. Kanak. Remaja. Orang tua. Melayu. Dayak. Tionghoa. Bugis. Jawa. Madura. Batak, dan lainnya. Semua menyatu. Dalam jalinan kebersamaan nan padu.

Pak rw kite ngikutin salah satu lomba perayaan kemerdekaan

Pak rw kite ngikutin salah satu lomba perayaan kemerdekaan

Semua menyambut dengan antusias. Memperingati dan merayakannya. Itulah hari Kemerdekaan 17 Agustus. Ada emosi tertumpah pada perayaan ini.
Tak sedikit, hanya melakukannya sebagai ritualitas belaka. Bahkan, tak jarang yang sudah kehilangan makna.

Bagaimanapun, 64 tahun usia kemerdekaan, adalah rentang waktu yang tak lagi muda, bagi suatu usia. Sejatinya, usia kemerdekaan mesti menanda pada pola prilaku masyarakat, bangsa dan negara.

Kemerdekaan, bukanlah ritual setahun sekali. Setelah berlalu, sepi dan tak berarti.

Kemerdekaan adalah, sikap dan perilaku dewasa kita menghargai perbedaan, menghormati keberagaman, dan bersikap profesional bagi sesuatu yang kita kerjakan.

Sukacita menyambut Hari Ulang Tahun Ke-64 RI mewarnai kota Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan menanam ribuan bibit pohon, lomba panjat pinang, dan sejumlah lomba tradisi agustusan lainnya serta berbagai panggung hiburan menyemarakkan suasana di semua kelurahan.
Ya inilah warna-warni perayaan kemerdekaan di negeri kita. Semoga dibalik kemeriahan perayaannya tak mengurangi makna dari kemerdekaan itu sendiri. Kira-kira apakah kemerdekaan yang seperti sekarang ini yang diimpikan oleh para pejuang kemerdekaan dulu yah? Lalu ada pula pertanyaan yang muncul : APAKAH BENAR KITA SUDAH MERDEKA ? masih banyak yang meragukannya.

DIRGAHAYU NEGERIKU, DIRGAHAYU BANGSAKU, INDONESIA, MERDEKA

HUT RI  2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s