Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Penyakit Menular Seks

sosialisasi narkoba

Minggu, 2 Agustus 2009

Mahasiswi Akper Yayasan RS. Jakarta (Program Khusus Hermina) menggelar sosialisasi antinarkoba dan penyakit hubungan seks di kalangan pelajar dan anak muda. Sosialisai digelar di kediaman Bpk. H. Mamat S Nain. Acara di hadiri selain para undangan dari kalangan remaja atau kaum muda juga dihadiri oleh Lurah Setu Bpk. H. Kadarusman Sutama untuk memberi kan sambutan dan wakilnya Ibu…………..beserta aparat kelurahan lainnya,  para tokoh masyarakat, ketua rw Bpk. Ma’ah Setiawan, perwakilan ketua rt, dan ketua karang taruna …….

Nara sumber oleh Bpk. ……… dari…………..

akper 3Sosialisasi berlangsung akrab, selaian menyebarkan pengetahuan tentang bahaya narkoba juga mengenai bahaya penyakit menular dari hubungan seks. Setelah paparan yang diberikan oleh nara sumber lalu para peserta di berikan waktu untuk tanya jawab.

akper 4Mencegah penyalahgunan dan peredaran gelap narkoba bukan upaya yang mudah. Permasalahannya sangat kompleks, dan melibatkan berbagai faktor yang kompleks pula. Oleh karena itu sekedar memberikan informasi tetntang bahaya narkoba tidaklah cukup, diperlukan upaya pendidikan yang dapat mengubah perilaku dan pola fikir masyarakat.

akper 5Kaum remaja memang paling rentan terhadap bahaya narkoba. Data BNN, 60 persen dari 3,2 juta pengguna psikotropika di Indonesia adalah kalangan remaja. Setiap hari, 40 orang di anatara mereka tewas. Baila dibiarkan masalah ini akan berdampak serius. Bangsa ini bisa kehilangan generasi muda.(ICH)

akper 1Sementara itu, kenyataan sosial dalam Lingkungan Masyarakat terkecil, Tokoh Masyarakat masih cukup berpengaruh dan berperan dalam mengerahkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan pada umumnya, di bidang kesehatan, pendidikan, dan pencegahan penyalahgunaan narkoba pada khususnya.

akper 6Penyakit menular seks menjadi topik panas yang dibahas di masyarakat. Kasus-kasus yang terjadi selama ini penyakit tersebut ditularkan serta diebarkan melalui dunia prostitusi yang semakin luas, perilaku seks yang tidak aman dan sering berganti-ganti pasangan, penularan lain seperti praktik injeksi, penggunaan jarum suntik bagi pecandu narkoba yang pemakaiannya berulang-ulang.

Masyarakat belum banyak yang paham tentang penyakit menular seks (PMS) ini, penyebab PMS yakni bakteri, virus, jamur, protozoa maupun ekstoparasit. Bakteri dapat menyebabkan penyakit kencing nanah dan sipilipis (raja singa). Virus menyebabkan penyakit HIV atau AIDS, herpes genitalis, kulit kelamin dan hepetitis B. jamur dan protozoa mengakibatkan keputihan dan di obati sedini mungkin, sedangkan PMS karena virus sangat sulit diobati bahkan tidak dapak disembuhkan seperti HIV/AIDS.

Keprihatinan Pada Generasi Muda

Memutus mata rantai penyakit menular seksual tidak bisa dipisahkan dari generasi muda. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat ditunjang oleh rasa ingin tahu yang mengebu-gebu menjadikan kalangan generasi muda sebagai kelompok yang rentan terhadap penyebaran penyalit menular seks. Karena dorongan kedua hal tersebut, dapat menyebabkan terjadinya perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan, termasuk dalam seks bebas dan berganti-ganti pasangan.

Selain itu, generasi muda juga rawan dalam hal penggunaan narkoba. Dalam kaitannya dengan PMS, pengguna narkoba dengan jarum suntik terutama, sangatlah mudah sebagai media penularan PMS. Hal tersebut dikarenakan biasanya pecandu narkoba menggunakan jarum suntik secara bergantian, padahal jarum suntik yang telah dipakai tersebut tidak aman dan steril.

Memutus mata rantai penularan penyakit menular seks itu perlu komitmen bersama. Komitmen untuk setia kepada pasangannya masing-masing, tidak berganti-ganti pasangan, menjauhi narkoba terutama narkoba suntik dan penting untuk selalu berhati-hati dalam pergaulan dan tindakan.

Jangan ragu untuk memerikasa diri, kalau memang telah terkena narkoba dan penyakit menular seks dapat segera dilakukan tindakan pengobatan.

Foto Pak Lurah memberi sambutan:

akper 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s